My 1st Visit To "Alun-alun Tugu Malang"


Apa yang kamu tahu tentang Kota Malang?

Banyak orang yang bilang kalo kota ini sejuk, dingin, berada di dataran tinggi, dan banyak wisata alam.
Yap!! Itu bener banget. Tapi kalo dibilang dingin untuk sekarang sih, kayaknya udah gak lagi. Malang udah mulai panas dan gerah dengan hiruk pikuk kendaraan bermotor dan bangunan-bangunan. Ditambah lagi dengan Kota Malang yang juga dikenal sebagai kota pendidikan, akan menjadi tarikan bagi  masyarakat luar kota yang datang ke kota ini. Yang jelas Kota Malang sekarang makin rame, makin padet, makin panas, makin gerah, makin sering macet, dan satu lagi, kamu bakal nemuin banjir di kota yang letaknya masih tergolong dataran tinggi. Hahahaha, lucu ya?

Well, tapi disini gak akan ngebahas banyak tentang hal itu. Lain kali aja kali ya? Hehehe
Tunggu dulu, ngomong-ngomong tentang Malang, kamu tahu gak, yang jadi simbol Kota Malang itu apa?
Yoaaa... Alun-alun Tugu Malang.

Sebenernya, Kota Malang sendiri punya dua alun-alun. Yang satu, Alun-alun Kota Malang merupakan alun-alun seperti pada umumnya konsepsi alun-alun di Jawa, dimana alun-alun berada di pusat, lalu di sekelilingnya terdapat Masjid Agung, pasar, dan kantor pemerintahan. Yang satu lagi ini, yang dikenal dengan Alun-alun Bundar atau alun-alun Tugu sebenernya adalah Tugu Nasional yang fungsinya sebagai tugu peringatan proklamasi kemerdekaan RI, karena memang peletakan Oorgandi (Prasasti) juga dilakukan saat proklamasi kemerdekaan (17 Agustus 1945).
Alun-alun Tugu Malang Saat Senja


Jujur, saya sendiri yang AREMANITA (sebutan untuk penduduk asli Malang: cewe, red) baru kali ini masuk ke dalam lokasi Alun-alun Tugu ini. Di umur saya yang ke 23 tahun,hahahahaha. Inipun karena ajakan teman saya yang bukan asli Malang, sebut saja namanya Jepun (akan ada satu artikel yang bakal nyeritain tentang dia, tunggu yaaa!! :)). Akhirnya, setelah mengalami beberapa perundingan gak jelas, saya dan beberapa teman lain akhirnya pergi kesana, saat itu sudah sekitar jam lima sore dan senja sudah mulai menampakkan diri.

Kesan pertama saya ketika pertama kali (27 Juni 2012) kesini adalah WOW!!! Keren banget!!... Rapi, bersih,  indah, teratur,cozy banget laaa pokoknya. Pantesan banyak yg dateng cuman buat sekedar duduk-duduk, nongkrong, ngabisin waktu sama keluarga (kebanyakan yang bawa anak kecil unyu-unyu,hehe), atau pacaran. Apalagi pas kita dateng udah disambut dengan air mancur dari kolam di sekeliling tugu tersebut serta warna-warni lampu hias yang bakal mulai nyala secara otomatis saat mulai senja. Bener-bener bikin ngerasa pengen piknik aja disini, hehehe lebay...

 Pintu Masuk Alun-alun Tugu dari Arah Timur (Depan SMAN 1 Malang)

 Pintu Masuk Alun-alun Tugu dari Arah Selatan (Depan Balaikota Malang)

Salah Satu Sudut Taman di dalam Kawasan Alun-alun Tugu

Satu hal yang baru saya ketahui dari si Jepun, dia bilang ada mitos yang nyebutin kalo ngelempar koin ke dasar kolam dengan mata tertutup dan berbalik badan trus make a wish, bakalan jadi tuh apa yang kamu mau.
"Aku udah pernah nyoba beberapa tahun lalu, dan percaya gak percaya emang beneran jadian sama *tiiiit*  (waktu itu ternyata dia make a wish buat bisa saling suka sama yang lagi deket sama dia saat itu, hahaha)," cerita dia dengan antusias.
Saya yang sebenernya gak percaya sama yang namanya mitos cuman bilang, "Ahh, kebetulan aja kali, kan waktu itu emang kamu lagi deket dan udah tanda-tandanya."
"Seriuuusss! Kalo gak percaya ayo buktiin wes, hahaha!" tantangnya.
"Okeeeehhhh, sape takut. Betewe, aq kayaknya Cuma punya koin Rp 200,00. Gapapa kali ya?" jawabku.

Temen-temen yang lain pada heran dengan tingkah laku kami berdua. Maklum aja, emang kami berdua sebenernya "Partner in Crime", selalu melakukan hal-hal gila dimanapun dan kapanpun, hahaha. Sebenernya ngakak dalam hati melihat ekspresi mereka saat saya bilang saya bakalan nyobain ini mitos. Wajah mereka itu lhooo, gak nguatin! Rasanya bener-bener ngejek bangettt. Ibaratnya kalo dibikin emoticon sederhana itu yang kayak gini: =.="

Oke, akhirnya saya mulai melakukan aksi saya. Saya balik badan, siap-siap menutup mata sambil make a wish. Bismillah...Yap! Saya lempar aja tuh koin yang sudah saya genggam. Horeeee, masuk ke kolam setelah sebelumnya saya lihat dia berbenturan dengan tiang air mancur, hahaha. Temen-temen pada ngakak, ckckckckck, gila emang. Gakpapalah, iseng-iseng doang kan? Hehehe.

Sampai pada suatu waktu, saya tiba-tiba kepikiran tentang kebenaran mitos ini setelah saya melihat kembali foto-foto yang saya ambil saat kejadian berlangsung. Ternyata, hebatnya mitos ini memecahkan akal sehat saya, hahahaha. Make A Wish yang saya buat saat itu terkabul. Dan apa yang saya inginkan saat itu bukan sesuatu hal yang kecil, seperti hal: saya ingin maem mie ayam (bukan ya?), tapi bener-bener hal besar. Alhamdulillah.... WOWWWW!!! Ini kebetulan atau emang apa? Percaya atau tidaknya terserah anda, yang pasti tetaplah keyakinan itu hanya untuk Tuhan semata. :)

Intinya, dengan uang koin Rp 200,00 kamu udah bisa mewujudkan impian kamu. #lho?

 

Komentar